Tuesday 22 August 2017

Teks Eksplanasi (Struktur, Pengertian, Tujuan, dan Ciri - Ciri)

Teks Eksplanasi

Wawasan Dunia Blog - Di postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian, tujuan, dan ciri ciri tentang teks yang disebut dengan teks eksplanasi. Teks eksplanasi ini sering muncul di materi bahasa indonesia, entah itu di kelas smp maupun sma pasti ada materi teks eksplanasi disitu.

Pendahuluan (Struktur Teks Eksplanasi)
  1. Pernyataan Umum, merupakan bagian pertama dari teks eksplanasi yang isinya mengenai penyampaian topik atau permasalahan yang akan dibahas. Bagian ini berisi gambaran mengenai apa dan mengapa fenomena tersebut bisa terjadi. Penulisan dari pernyataan umum ini harus menarik agar pembaca mau membaca teks eksplanasi tersebut hingga selesai.
  2. Deretan Penjelas, merupakan bagian yang sering juga disebut sebagai urutan sebab akibat dari suatu fenomena. Pada bagian ini, terdapat penjelasan yang detail dari suatu fenomena yang dibahas secara mendalam dan berdasarkan urutan waktu.
  3. Interpretasi, merupakan bagian akhir atau penutup dari teks eksplanasi yang berisi inti sari atau kesimpulan dari topik atau proses yang dibahas.

A. Pengertian Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial budaya, dan lain sebagainya yang dapat terjadi suatu ketika.

B. Tujuan Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi dibuat untuk memenuhi tujuan yang berbeda, namun saling berkesinambungan satu dengan yang lainnya.

1. Menjelaskan fenomena yang terjadi. Teks eksplanasi bertujuan untuk menginformasikan sesuatu peristiwa aktual kepada semua orang.
2. Menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa. Tujuan utama pembuatan teks eksplanasi adalah menjelaskan sebab dan akibat suatu peristiwa yang terjadi.
3. Teks eksplanasi juga menjelaskan seberapa besar dampak dari peristiwa ini.

C. Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
1. Memiliki Tiga Struktur. Teks eksplanasi selalu memiliki tiga struktur. yang tidak bisa dipisahkan lagi (Pernyataan Umum, Deretan Penjelasan, Interpretasi)
2. Kaya akan informasi, artinya teks ini memberikan pengetahuan bagi siapa saja yang membeca teks eksplanasi ini. Orang yang awalnya tidak mengetahui apa-apa pasti akan mendapatkan informasa secara singkat, padat, dan jelas .
3. Memberikan informasi berupa fakta. Teks eksplanasi memberikan fakta kepada pembaca. Fakta ini didapat dari riset atau wawancara kepada seseorang yang ahli.

0 komentar:

Post a Comment